Selasa, 11 Desember 2012

Perbedaan Antara Promosi Perpustakaan Dengan Pemasaran Perpustakaan




 

PENDAHULUAN

Perpustakaan dan kegiatan pemasaran adalah dua hal yang tidak bisa dipisahkan. Perpustakaan memerlukan kegiatan pemasaran untuk menjual produknya yang berupa jasa layanan perpustakaan sesuai dengan permintaan pengguna. Sedangkan promosi bertugas untuk memberi informasi jasa layanan perpustakaan kepada pengguna.
Promosi perpustakaan adalah suatu strategi dalam suatu proses pemasaran produk barang / jasa dalam suatu linkup pasar yang bertujuan untuk mengkomunikasikan tentang informasi dari suatu produk yang ditawarkan oleh produsen dalam hal ini adalah perpustakaan dengan pengguna.
 Karena proses pemasaran jasa layan perpustakaan kegiatannya hampir sama  dengan promosi perpustakaan, pemasaran perpustakaan kadang disalah artikan sebagai promosi perpustakaan. Inilah yang akan dibahas dalam makalah ini, perbedaan persepsi amtara pemasaran perpustakaan dengan promosi perpustakaan.



PERSEPSI  PEMASARAN  PERPUSTAKAAN  DAN  PROMOSI  PERPUSTAKAAN

Pemasaran secara umum dapat didefinisikan sebagai sebuah proses suatu produsen untuk mengetahui keinginan akan barang atau jasa yang diperlukan oleh konsumen dan  menyediakan permintaan dari keinginan konsumen tersebut dengan strategi tertentu untuk dipertemukan menjadi sebuah transaksi. Dalam dunia perpustakaan juga dikenal dengan adanya pemasaran perpustakaan yang dapat didefinisikan sebagai proses suatu perpustakaan menyediakan dan menciptakan produk yang dibutuhkan oleh pengguna yang berupa jasa layanan (produk) dengan strategi tertentu. Setelah disediakan jasa layanan tersebut kemudian perpustakaan mencoba untuk melayankannya dan hal itu berarti telah terjadi transaksi berupa pelayanan jasa perpustakaan.
Dalam proses pemasaran perpustakaan tersebut perpustakaan memiliki strategi-strategi tertentu. Diantara salah satunya adalah promosi perpustakaan yang dapat didefinisikan sebagai suatu proses dalam pemasaran yang berupa pengkomunikasian antara penawaran jasa perpustakaan (produk) dengan permintaan atau kebutuhan pengguna. Sehingga posisi promosi perpustakaan adalah sebagai salah satu dari strategi dalam pemasaran perpustakaan dan bukan dari induk atau inti dari pemasaran perpustakaan. Promosi perpustakaan adalah bagian dari salah satu strategi pemasaran perpustakaan yang tidak seharusnya dianggap sama karena pada intinya promosi perpustakaan hanya mengkomunikasikan produk jasa layanan dengan pengguna dengan tujuan agar mempengaruhi pengguna untuk menggunakan produk jasa perpustakaan.
Perbedaan mendasar antara konsep pemasaran perpustakaan dengan konsep promosi perpustakaan adalah pada tujuannya. Konsep pemasaran perpustakaan bertujuan untuk mengetahui kebutuhan pengguna dan berusaha untuk menyediakan produk layanan jasa perpustakaan untuk dipertemukan dalam sebuah transaksi pelayanan, sedangkan konsep dari promosi perpustakaan adalah pengkomunikasian antara penawaran produk jasa perpustakaan antara penawaran produk jasa layanan perpustakaan dengan pengguna perpustakaan yang bertujuan untuk mempengaruhi penggunaan produk bukan transaksi pelayanan.


KESIMPULAN

Persepsi yang salah mengenai apa yang dimaksud dengan pemasaran perpustakaan dengan promosi perpustakaan dapat dihindari apabila pemasar dan pelaku promosi perpustakaan dapat memahami dengan baik konsep dari keduanya. Kedua konsep tersebut memang agak terlihat sama jika dipandang dari pengamatan keunggulan produk. Pemasar perpustakaan dan pelaku promosi perpustakaan sama-sama mengetahui temtang keunggulan produk perpustakaan dibanding dengan keunggulan para pesaingnya. Namun kedua konsep tersebut akan terlihat berbeda apabila dilihat dari segi strategik. Konsep promosi merupakan bagian dari strategi pemasaran saja sedangkan konsep pemasaran merupakan keseluruhan dari strategi organisasi perpustakaan dalam perkembangan dan persaingan organisasi.
Untuk membedakan anatara pemasaran perpustakaan dengan promosi perpustakaan kunci paling dasarnya adalah kita mengetahui masing-masing dari kedua konsep tersebut.

Postingan ini disalin dari makalah tugas mata kuliah Informasi Dalam Konteks Sosial tahun 2011

1 komentar:

  1. kalau untuk contoh kegiatan promosi perpustakaan itu apa saja ya mas.. terima kasih
    goo.gl/PzepdB

    BalasHapus